Senin, 26 Oktober 2015

10 makanan terbaik untuk menjaga fungsi dan kesehatan hati

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale, Swiss chard atau bayam semuanya banyak mengandung kaya zat hijau daun atau klorofil, yaitu senyawa kimia yang akhirnya merangsang hati agar bekerja lebih efisien. Mengkonsumsi rutin jenis sayuran ini dapat menghilangkan efek samping dari racun dalam makanan seperti logam berat dan sisa pestisida.

2. Buah yang kaya Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang berkerja sebagai antiinflamator. Banyak buah-buahan yang banyak mengandung vitamin ini, termasuk buah jeruk, lemon, pepaya, mangga,dll sehingga merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan hati. Secara umum juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Green Tea

Teh hijau kaya akan antioksidan, juga bagus untuk membersihkan hati. Tidak hanya mendukung fungsi hati yang sehat, antioksidan tinggi dalam teh hijau juga meningkatkan kekebalan  untuk menjaga tubuh dari infeksi kuman dan virus termasuk flu. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik, teh hijau bisa dikonsumsi secara rutin.

4. Apel

Apel banyak mengandung vitamin dan mineral, yang juga menyediakan pektin bagi tubuh. Pektin adalah serat dan bermanfaat membantu membersihkan saluran pencernaan serta hati, dan sangat meningkatkan kualitas kesehatan. Didunia Barat, terkenal akan slogan ” Sebuah apel sehari, menjauhkan Anda dari dokter”. ; buah ini masuk dalam Top 30 Buah-buahan paling tinggi nutrisi di Dunia

5. Kubis

Kubis mengandung sulfur dalam jumlah yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi pembersih racun hati yang sangat baik. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang turut membantu mendukung kesehatan hati. Semua jenis kubis yang ada – baik itu yang merah, hijau atau yang lainnya, akan sangat membantu untuk tujuan ini.

6. Olive Oil

Minyak zaitun bermanfaat membantu tubuh dengan cara merangsang hati agar menjadi lebih efisien dalam menyerap dan menghilangkan sejumlah bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh. Jika mungkin dapatkan minyak zaitun extra-virgin, yang dibuat dari organik untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang diketahui mengandung antioksidan serta zat anti inflamasi, dan dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan. Seperti halnya kubis, bawang putih kaya akan sulfur, yang merangsang hati untuk memproduksi enzim pencernaan lebih banyak untuk membantu memecah dan mengeluarkan zat racun.

8. Bit dan Wortel

Kedua jenis sayuran ini memang lezat untuk dibuat sup atau salad dan juga menguntungkan kesehatan. Hal ini karena keduanya kaya akan zat yang disebut dengan betakaroten dan flavonoid, yaitu yang merupakan senyawa pembersih hati yang bagus, serta merangsang hati menjadi berfungsi lebih efektif. Kedua zat betakaroten dan flavonoid juga bagus untuk kesehatan mata.

9. Kenari

Kenari secara umum baik bagi kesehatan, karena kaya akan protein nabati yang bersih, serat dan asam lemak Omega 3. Jenis kacang pohon ini juga mengandung asam amino yang membantu membersihkan hati secara alami untuk menjaga kesehatan yang baik.

10. Asparagus

Asparagus mengandung berbagai fitokimia yang bertindak sebagai pembersih alami untuk kedua organ penting pemroses limbah ini, yaitu hati dan ginjal. Jika Anda menyukai jenis sayuran yang unik ini, maka Anda tidak salah.
Dengan demikian, pertimbangkan untuk memasukkan banyak buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda. Mereka semuanya akan membantu menjaga fungsi hati supaya selalu dalam keadaan prima, yang pada akhirnya menguntungkan bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar