Senin, 26 Oktober 2015

Minuman yang mampu mencegah penyakit jantung

Berikut ini adalah beberapa minuman yang mampu mencegah penyakit jantung:
Kopi
Mungkin minuman ini sedikit terdengar aneh untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit jantung. Namun tahukah Anda bahwa kopi memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kakao dan teh. Risiko penyakit kardiovaskular dapat dikurangi dengan mengkonsumsi kopi dalam jumlah atau dosis yang tepat. Sebuah studi pernah dilakukan dengan melibatkan lebih dari 83.000 orang sampel yang semuanya berjenis kelamin perempuan. Dan studi tersebut menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi dua cangkir kopi setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko terkena stroke 20 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.
Saran: Mengkonsumsi 2 hingga 4 cangkir kopi setiap hari, masih termasuk kategori aman. namun jika Anda mengalami insomnia, cepat lelah serta merasa gelisah, segera batasi konsumsi kopi Anda menjadi 1 cangkir setiap hari.
Jus Delima
Jus delima merupakan salah satu jus buah yang semakin menggoda dan memikat para peneliti gizi. Para pakar dari University of California menemukan bahwa jus delima rupanya memiliki kapasitas antioksidan tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anggur merah dan teh hijau. Bahkan penelitian awal juga menunjukkan bahwa jus delima dapat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur, jus delima juga dapat mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk penyakit jantung), dan juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.
Saran: Sebaiknya hindari tambahan pemanis apapun saat membuat jus delima.
Anggur Merah
Tidak diragukan lagi, anggur merah mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk kandungan resveratrol yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung serta mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah yang tepat juga terbukti mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik.
Saran: Bagi perempuan, sebaiknya membatasi konsumsi anggur merah tidak lebih dari 1,5 gelas setiap hari. Sedangkan untuk pria sebaiknya tidak lebih dari 2 gelas.
Teh Hitam
Teh hitam merupakan hasil fermentasi dari daun yang dipanen kemudian dikeringkan. Proses pengolahan ini membuat perubahan komposisi zat kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan jantung. Teh hitam ini terbukti mampu mengurangi LDL atau kolesterol jahat, memperbaiki fungsi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner, sehingga teh hitam dikenal dapat mengurangi risiko terkena stroke.
Saran: Sajikan teh hitam dengan air panas, agar kandungan antioksidan tetap terjaga. Risiko penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengkonsumsi beberapa cagkir teh hitam setiap hari secara teratur.
Teh Hijau
Seperti halnya teh hitam, teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang baik utuk kesehatan jantung. Perbedaannya hanya terletak pada proses fermentasinya saja, teh hijau tidak melalui proses fermentasi. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan megurangi risiko stroke.
Saran: Minumlah 1 hingga 3 cangkir teh hijau setiap hari.
Air
Dehidrasi dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka darah Anda akan menjadi lebih kental. Pada kondisi ini, hati akan mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dehidrasi kronis juga berkontribusi terhadap terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Saran: Konsumsilah air yang cukup, 8 sampai 10 gelas setiap hari. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air hangat untuk mendapatkan manfaat antioksidan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar