Kamis, 22 Oktober 2015

Belajar bermain Gitar Otodidak

Belajar Otodidak Bermain Gitar

Hai kawan-kawan buat kamu yang kepengen banget bisa bermain gitar secara otodidak dan cepet hebat kayak temen-temen kamuu…
Disini tempatnyaaaaaaa…..

Tidak ada salahnya untuk belajar otodidak. Sebagian besar musisi yang sukses dalam industri musik adalah seorang otodidak. Sementara musisi akademis sangat jarang terlihat. Banyak musisi di negeri ini yang sukses tanpa mengenal partitur nada. Asalkan ada kemauan keras dan rajin berlatih, bermain gitar itu tidak susah dan mengasyikan.Selamat mencoba yaahhhh ^^

Berikut ini tips bermain gitar otodidak:
1. Pelajari dulu bentuk-bentuk chord tanpa anda bunyikan. hal ini ditujukan agar orang di sekitar kamu tidak merasa terganggu.
2. Mulailah belajar berpindah dari chord satu ke chord lain. misalnya dari chord C ke Chord G, dari chord F ke Chord Dm dan seterusnya. Cobalah bermacam-macam variasi terserah insting kamu.
Chord dasar :


Chord lengkap :




3. Memainkan gitar itu ada dua jenis menggenjreng dan memetik. Untuk saat ini mulailah dengan menggenjreng dulu. Karena memetik membutuhkan koordinasi antara tangan kanan dan kiri anda. Hal ini untuk mempercepat koordinasi tangan kiri anda untuk berpindah dari chord satu ke chord lain. Mulailah dengan menggenjreng dari atas kebawah, dari bawah keatas dan kombinasi keduanya.
4. Setelah anda rasa sudah fasih berpindah dan menggenjreng barulah mulai latihan memetik. Letakkan jempol anda di senar paling atas, telunjuk di senar dibawahnya, jari tengah dibawahnya lagi, begitu juga untuk jari manis dan kelingking. mulailah memetik dari atas kebawah, dari bawah keatas, dan kombinasi lainnya. misalnya saja jempol, telunjuk, jari tengah, telunjuk, jari manis, kelingking.
5.Belajar melatih filling anda terhadap suatu nada. Berlatihlah untuk mencari chord untuk suatu lagu. Biasanya sebuah lagu terdiri dari:
a. Intro yaitu permainan instrument untuk memperkenalkan lagu.
b. Verse bagian lagu yang disebut bait. bercerita tentang tema suatu lagu.
c. Chorus atau biasa disebut reffrain adalah pusat ide suatu lagu.biasanya berisi garis besar lagu
d. Bridge merupakan bagian lagu untuk menghubungkan dua bagian lagu yang berbeda.
Dimana setiap bagian biasanya mempunyai kumpulan chord yang sama dan hanya diulang saja.
Putarlah lagu yang menurut kamu easy listening karena biasanya lagu yang mudah dipahami chord nya pun juga mudah.
Sekian Tips nya,,semoga bermanfaat buat kamu…semoga sukses yaa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar