Rabu, 28 Oktober 2015

Manfaat Anggur

Manfaat Kulit Anggur

Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.
Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker. Dan juga manfaat manfaatnya dibawah ini

Mencegah kerusakan selMembuat awet mudaMengatasi polioMengatasi influenzaMengatasi herpesMenetralisir racun dari dalam tubuhMembersihkan saluran usus dari kotoranMengatasi kelelahan

Manfaat Daun Anggur

Daun anggur yang berwarna merah berkhasiat astrigen (zat yang mempunyai kemampuan mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) dan anti radang. Selain itu daun anggur juga bisa membantu pengobatan:

VarisesWasir (hemoroid)Rapuhnya pembuluh darah halus (capillary fragility)Tekanan darah tinggiKadar kolesterol tinggiGangguan berkemih, danSindrom menopause

Daun anggur yang diseduh air panas dapat digunakan untuk obat diare, juga bisa digunakan untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorok. Abu dari ranting anggur yang dibakar bisa membersihkan gigi yang hitam. Rantingnya juga berkhasiat peluruh kencing (diuretic) sama seperti daunnya.

Bukan hanya itu, daun anggur juga berkhasiat sebagai peluruh air seni, obat syphilis, kudis, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Untuk peluruh air seni dipakai 15 gram daun segar anggur, dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyaknya pagi dan sore.

Manfaat Biji Anggur

Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak.
Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Agarwal menambahkan, sel kanker cepat sekali menyebar, hal tersebut menyebabkan khasiat ekstrak biji anggur tetap tergantung dari kemampuan sel sehat untuk bertahan dari kerusakan.
Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.

Sementara itu Dosen ilmu gizi Fakutas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Febri Endra Budi Setyawan M.Kes menjelaskan, biji anggur memiliki khasiat sama besar dengan daging dan kulitnya.
Dalam biji anggur terdapat mineral mikro yaitu seng dan mangan. Dua mineral ini banyak terdapat pada anggur merah. Febri menambahkan, seng dan mangan sangat penting untuk menjaga libido seks dan kesuburan pria juga dapat membantu mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.
Manfaat lain dari biji anggur adalah kemampuannya untuk mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang sering kali menjadi penyebab stroke dan serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar