Jumat, 30 Oktober 2015

Manfaat Daun Kelapa

Manfaat daun kelapa yang paling banyak terlihat adalah penggunaan daun kelapa yang telah dikeringkan sebagai atap rumah. Zaman dahulu, bangsa purba atau nenak moyang kita membuat rumah beratapkan dedaunan kering, dan salah satu dedaunan yang digunakan untuk membuat atap adalah daun kelapa.

Daun kelapa yang masih bagus tidak rusak dan sobek-sobek, dikeringkan hingga menjadi benar-benar kering baru kemudian digunakan untuk menaungi rumah sederhana. Daun kelapa menjadi alternatif lain untuk membuat atap disaat tidak ada tempat yang cocok untuk membuat rumah gua. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini masyarakat menggunakan genteng yang terbuat dari material keras sebagai atap rumah.

Bahan anyaman

Manfaat daun kelapa antara lain adalah sebagai bahan anyaman, anyaman di sini merupakan anyaman yang sengaja dibuat berbentuk ketupat yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membuat ketupat. Daun kelapa yang dipakai harus daun kelapa muda (janur). Masyarakat muslim di Indonesia, biasa membuat ketupat dari daun kelapa disaat ada hari raya besar, seperti hari raya lebaran Idul Fitri, daun kelapa diisi oleh beras untuk kemudian direbus sampai beras matang dan menjadi gumpalan nasi (kurang lebih teksturnya mirip dengan lontong).

Menjadi simbol pernikahan

Di Indonesia, janur kuning yang dibentuk melengkung sedemikian rupa identik dengan pesta pernikahan, budaya atau tradisi ini masih melekat hingga saat ini, biasanya janur kuning dari kelapa disertai dengan bunga melati.

Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan bisa dilakukan dengan menggunakan daun kelapa. Daun kelapa yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari akan menjadi alat yang tepat untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang bagus.

Membuat sapu lidi

Sapu lidi atau tusuk sate dan tusuk gigi yang sering Anda gunakan dibuat dari lidi yang terdapat di daun kelapa. Lidi-lidi ini dibersihkan dan dibentuk menjadi tusuk sate atau tusuk gigi dengan pisau yang tajam, sedangkan untuk membuat sapu lidi, Anda hanya perlu mengumpulkan lidi kelapa dari daun kelapa yang sudah tua dan mengikatnya menjadi satu dengan tali.

Mengatasi dehidrasi dan menyegarkan tubuh

Sedangkan air kelapa memiliki manfaat untuk menyegarkan tubuh serta mengatasi dehidrasi, air kelapa merupakan air pengganti air putih terbaik, lebih baik dibandingkan dengan minuman bersoda apalagi minuman beralkohol.

Manfaat daun kelapa untuk menemani kehidupan sehari-hari ternyata jauh lebih beragam dari yang selama ini kita bayangkan. Manfaatkan semua bagian dari pohon kelapa secara bijak agar tidak ada yang terbuang dengan sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar