Senin, 26 Oktober 2015

Tips Cara Menyehatkan dan Menajamkan Mata

Tips Cara Menyehatkan dan Menajamkan Mata - Siapa sih yang tidak ingin matanyasehat dan tajam, mata yang sehat dibutuhkan oleh kita untuk beraktivitas sehari-hari dengan lancar. Nah, di artikel kali ini, saya akan menyampaikan cara menyehatkan mata sekaligus cara menajamkan mata.

Cara menyehatkan mata dan cara menajamkan mata


1. Makan Sayuran Hijau.
mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti contohnya bayam, kangkung dan selada dapat membantu menghindari degenerasi makula. ( makula adalah daerah di belakang mata yang memungkinkan kita untuk melihat tampilan secara detil ). Dengan mengkonsumsi Sayuran hijau tiap hari, tanpa sadar kita juga bisa menyehatkan matadan menajamkan mata.

2. Mengkonsumsi Suplemen 
Konsumsilah suplemen yang mengandung Vitamin A, C, E dan B2 dan mineral seng dan selenium. bahan-bahan tersebut merupakan bahan utama untuk menyehatkan matajuga menajamkan mata.

3. Menjaga Mata Tetap Basah
Sebuah larutan garam dapat membantu untuk melumasi dan menenangkan mata.Menjaga mata tetap basah juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air mineral tiap hari, minimal 8 gelas sehari.

4. Makan Wortel dan Buah Berry.
mengkonsumsi berbagai buah berry dapat mengurangi kelelahan mata dan sedangkan wortel kaya beta karoten dan lycopene, jika keduanya digabungkan, maka akan menjadi kombinasi yang ajib! apalagi bila dikonsumsi setiap hari, tentu menyehatkan mata!

5. Mengkonsumsi Omega 3
Omega 3 dapat anda dapatkan dari minyak ikan atau dapat juga dibeli di supermarket atau minimarket terdekat dalam bentuk supplemen. Zat ini dapat membantumenajamkan mata. (Diet jantung-sehat secara umum cenderung baik untuk mata juga, karena sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan mata).

6. Segarkan Mata Anda
Cobalah taruh dua irisan mentimun diatas mata tertutup selama 15 menit. cara ini dapat mendinginkan dan menyegarkan mata, selain cara diatas, kita juga dapat menyegarkan mata dengan menyentuhkan es batu di kelopak mata Anda.

7. Minum Teh atau Kopi
Di dalam teh mengandung antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah katarak. kalau di kopi, terdapat kafein yang menjaga mata anda tetap lembab. tetapi kedua minuman ini jangan diminum lebih dari dua cangkir sehari, jika lebih maka akan mengeringkan mata anda.

8. Gunakan Kacamata
Jika anda beraktivitas di luar, pakailah kacamata yang dapat melindungi anda dari Sinar UVA dan UVB yang berbahaya dapat berkontribusi untuk katarak. Jika anda seorang pekerja lapangan, gunakan juga safety googles saat anda bekerja.

10. Beri istirahat.
Jika Anda bekerja di tempat yang penuh cahaya atau di depan komputer, ingatlah aturan 20/20. Ambil istirahat setiap 20 menit. Selama 20 detik. Hal ini memungkinkan mata Anda untuk memfokuskan pandangan kembali, menyegarkan mereka dan mencegah pandangan kabur yang dapat terjadi bila menatap layar komputer terlalu lama.

11. Jangan Merokok
Merokok dapat menaikkan resiko terkena katarak dan pandangan kabur, jika bisa hindari asapnya juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar