Senin, 26 Oktober 2015

8 jenis bahan makanan yang baik untuk kesehatan pankreas

Pankreas merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan yang penting bagi tubuh, terutama kesehatan darah. Ukuran pankreas sekitar 15cm, berada di rongga perut, di bagian kiri atas. Bagian kepala pankreas diapit usus duabelas jari. Pankreas ini memiliki fungsi mengatur kadar gula dalam darah, karena pankreas merupakan produsen dari hormon insulin yang berfungsi menekan kadar gula dalam darah, sekaligus produsen dari hormon glucagon yang meningkatkan kadar gula dalam darah.

8 bahan makanan bermanfaat untuk kesehatan pankreas

Pada keadaan sekarang ini, dengan pola makan yang semakin tidak terkontrol, produksi hormon insulin oleh pankreas semakin sering tidak mampu menangani zat gula yang dikonsumsi oleh tubuh, sehingga yang semakin sering terjadi adalah naiknya kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah jika dibiarkan, dapat mengakibatkan penyakit Diabetes Mellitus tipe 2.

Inflamasi atau peradangan pada pankreas biasa disebut Pancreatitis. Peradangan ini ditandai dengan rasa nyeri dan panas di dalam perut, demam, dan kadang terjadi diare. Kesehatan pankreas haruslah kita jaga, agar fungsi kontrol zat gula dan protein di dalam darah tetap terjaga dengan baik. Setidaknya ada 8 bahan makanan yang baik untuk kesehatan pankreas, seperti yang dilansir Daily Health Post berikut:

1. Jahe

Kandungan zat di dalam jahe seperti sulfur, arginine, selenium, oligosaccharides dan flavonoid, sudah terbukti dalam banyak penelitian, mampu mencegah kanker, termasuk kanker pankreas.

2. Bayam

Menurut Journal of the National Cancer Institute, diet makanan dengan tetap mengkonsumsi sayur bayam, terbukti mencegah kanker pankreas, karena di dalam bayam terdapat zat anti kanker.

3. Yoghurt yang diperkaya dengan probiotik

Menurut penelitian dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, probiotik sangat bagus untuk pencernaan manusia, karena menjaga jumlah bakteri baik dalam pencernaan, yang akan menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah kerusakan jaringan di dalam organ pencernaan.

4. Buah ceri

Buah ceri dan keluarganya, sudah terbukti dalam banyak penelitian bahwa buah ceri merupakan sumber antioksidan yang tinggi, yang bermanfaat untuk mencegah semua jenis kanker termasuk juga kanker pankreas.

5. Jamur

Kandungan zat dalam jamur, seperti serat alami, selenium, potassium, dan vitamin D2. Jamur juga rendah kalori, sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

6. Brokoli

Kandungan Epigenin, salah satu jenis Flavonoid di dalam sayur Brokoli, melindungi jaringan pankreas. Sayur brokoli ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak sebentar. Karena proses memasak yang lama akan menghilangkan nutrisi di dalamnya.

7. Kentang manis

Sayuran kentang bermanfaat bagi kesehatan pankreas karena pelepasan zat gula dari kentang dilakukan secara bertahap di dalam saluran pencernaan, jadi tidak terjadi stress pada pankreas.

8. Buah Anggur Merah

Buah Anggur merupakan salah satu buah yang menurut penelitian mengandung zat bernama Resveratrol, salah satu antioksidan bermanfaat bagi tubuh. Zat ini mencegah kerusakan pembuluh darah dan mencegah inflamasi. Resveratrol juga berfungsi menginduksi kematian sel atau Apoptosis pada sel kanker pankreas.

Peran pankreas yang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Jadi kesehatan pankreas harus terus terjaga. Pankreas merupakan produsen hormon insulin yang mengendalikan kadar gula dalam darah. Agar tidak terkena penyakit Diabetes Mellitus, kadar gula dalam darah harus tetap dalam batas normal. Jika kesehatan pankreas tidak dijaga, hormon insulin yang diproduksi bisa berkurang dan tidak dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Sejumlah 8 bahan makanan yang baik untuk kesehatan pankreas, sangat mendukung kesehatan pankreas.

Kesehatan pakreas dapat kita jaga dengan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita dan menormalkan organ pencernaan sebagai tempat penyerapan nutrisi untuk kesehatan pankreas. Metode pengeluaran racun atau toksin dari dalam tubuh sekaligus menormalkan penyerapan nutrisi dikenal sebagai metode detoksifikasi. Sekarang ini sudah ditemukan metode detoksifikasi alami yang tanpa efek samping, karena terbuat dari bahan-bahan alami. Metode detoksifikasi Smart Detox Synergy mengandung banyak sekali manfaat untuk mengembalikan fungsi organ-organ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar